Skip to content
Tags

Memperbesar spasi harddisk yang tersisa pada Windows XP

23 November 2010

Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows XP dan kapasitas harddisk Anda semakin menipis, maka tips ini sangat cocok untuk Anda.

Setelah berpindah ke Windows XP dari Windows 98, saya merasakan perbedaan kapasitas harddisk yang tersisa setelah menginstall sistem operasi tersebut. Mengapa? Karena Windows XP memakan habis kapasitas harddisk saya sebesar 1,5 Gb. Sedangkan harddisk saya hanya 6,4 GB. Saya kaget juga, dan akhirnya setelah bergaul dengan Windows XP selama kurang lebih setahun, saya merasakan bahwa sisa harddisk saya semakin menipis, hingga kurang lebih 650 mb pada partisi drive C saya (saya sudah menambahkan harddisk dan saya memiliki 4 partisi).

Saya mencoba-coba fasilitas yang disediakan Windows XP yaitu Disk Cleanup, yang dapat diakses melalui :

Accecories > System Tools > Disk Cleanup.

Kemudian ditanyakan disk drive mana yang ingin dibersihkan, saya pilih C saja. Kemudian ada pertanyaan lain di mana Anda dapat memilih action apa saja yang dapat dilakukan untuk membersihkan spasi disk Anda.

Saya memilih untuk melakukan kompresi old file (file yang sangat jarang dipakai atau sudah lama tidak digunakan), membersikan file temporary internet, dan temporary secara umum. Setelah menjalankan proses Disk Cleanup selama beberapa saat yang cukup lama (karena proses kompresi) saya mendapati sisa harddisk saya sebesar 1,6 GB, jadi bayangkan saja senangnya saya karena spasi harddisk gratis yang ditambahkan oleh utiliti Disk Cleanup. Tetapi tentunya ukuran ini juga tergantung dari berapa banyak file temporary yang ada, file-file yang jarang digunakan serta seberapa banyak file temporary internet di komputer Anda.

Info tambahan lagi… untuk meningkatkan spasi harddisk Anda adalah dengan mengatur besar spasi harddisk yang dapat digunakan oleh System Restore. Meskipun fasilitas ini bagus, tetapi apabila Anda perlu mengatur spasi harddisk yang digunakan oleh fasilitas ini sehingga tidak menghabiskan spasi harddisk dengan fasilitas yang jarang Anda gunakan.

Anda dapat mengaturnya melalui:

Control Panel > System > Tab System Restore

Kemudian atur besar spasi pada masing-masing drive/partisi yang ada untuk digunakan oleh system restore. Apabila Anda yakin bahwa Anda mungkin tidak pernah menggunakan System Restore, maka matikan aja fasilitas ini. Anda pasti akan mendapati lebih banyak spasi harddisk bila fasilitas ini dimatikan.

Apabila Anda belum pernah mencoba dua trik ini… silakan mencobanya saja…

From → artikel

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: